Senin, 16 Maret 2009

TERANG MANUSIA

Yohanes 1 : 4 - 5
Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia. Terang itu bercahaya dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya.
Dalam Yesus ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia. Setiap orang yang memiliki Tuhan Yesus memiliki hidup dan Yesus menjadi terang manusia. Karena mereka yang memiliki Tuhan Yesus hidup dalam terang tidak mudah melakukan dosa. Kuasa dosa sudah dipatahkan oleh terang itu. Setiap orang yang tidak hidup dalam Yesus tidak memiliki terang itu sehingga seluruh kehidupannya dikuasai oleh kegelapan dan hidup dibawah perbudakan dosa. Perjalanan hidupnya penuh dengan dosa dan sulit melepaskan diri dari perbudakan dosa karena kegelapan telah membutakan mata mereka untuk melihat terang. Salah satu syarat untuk mengeluarkan hidup/kehidupannya dari perbudakan dosa adalah dengan cara bertobat lahir baru dengan cara inilah manusia bisa melepaskan diri dari perbudakan dosa dan terang kembali menguasai dirinya dan kegelapan tidak lagi menguasai dirinya.
Saya tidak tahu hidup saudara ada di posisi mana. Kehidupan saudara ada posisi perbudakan dosa atau posisi saudara ada di kehidupan dalam terang. Yang mengetahui kondisi saudara adalah saudara sendiri. Jika posisi saudara ada pada perbudakan dosa dan kegelapan menguasai saudara, tidak ada jalan lain untuk melepaskan diri dari cengkeraman kegelapan selain datang kepada Dia yang memiliki hidup dan Terang itu. Saudara harus bertobat dan menyerahkan diri kepada-Nya agar hidup saudara diambil alih oleh terang itu. Waktu-waktu ini adalah kepunyaan Tuhan dan melewati waktu-waktu ini dengan melakukan sesuatu untuk kemuliaan Tuhan bukan untuk kemuliaan manusia.

Tidak ada komentar: